TP PKK Kelurahan Mekarjaya Sabet Juara Lima Kategori Tingkat Jabar

rakyatwaspada.id, Mekarjaya – Prestasi, tentu tidak datang begitu saja. Proses yang disertai dengan usaha gigih, tentunya akan menuai hasil yang baik, dan terkadang berbuah prestasi yang sangat membanggakan. Apalagi, proses yang perlu melibatkan khalayak banyak, tentu penyatuan visi dan misi adalah hal yang mutlak.

Bertahap, dari skala kecil, Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Mekarjaya untuk bisa mengukir prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Diawali dari Lomba PKK tingkat Kecamatan Sukmajaya, lalu melaju ke Lomba PKK Tingkat Kota Depok, dan menjadi juara pertama. Tidak berhenti disana, ukiran prestasi berlanjut ke Lomba PKK tingkat Provinsi Jawa Barat dengan menjadi juara pertama Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Mekarjaya Levo Astrid, tidak menyangka PKK yang dipimpinnya bisa menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Pasalnya, dirinya tidak terlalu berharap prestasi tersebut bisa diraih oleh timnya, mengingat lawan-lawannya adalah PKK terbaik dari kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

“Semua memang membutuhkan proses, dan ini adalah buah dari hasil tersebut. Proses adalah hal yang paling penting dalam meraih prestasi,” kata perempuan kelahiran 6 Januari 1983 tersebut.

Levo menuturkan, proses yang dijalaninya adalah dengan melancarkan berbagai program yang terintegrasi dikawasan RW.7 yang merupakan titik sentral pengembangan PKK.

Berbagai program dilancarkan untuk penyempurnaan TP PKK Kelurahan Merkarjaya dalam menjalani Lomba LBS. Pertama adalah Kampung Kreasi, yakni kampung yang penuh warna hasil dari kreatifitas dan inovasi warganya, dalam hal ini melibatkan warga yang menjadikan barang-barang bekas sebagai bahan dasarnya.

Lanjut lagi ada Kampung Geulis (Green Life Style), yang ini adalah kampung yang mendukung lingkungan yang asri. Agenda program yang berbasis lingkungan, yakni Maggot/Lalat Kalimantan, dan ini adalah hal yang unik, karena menggunakan larva serangga untuk penguraian sampah organik basah. Hasil dari itu, bisa dijadikan pupuk dan makanan ternak.

Bukan tentang lingkungan saja, tetapi juga tentang tanaman kesehatan, yakni ada Kampung Rempah dan Toga.
“Setiap rumah minimal ada tiga jenis tanaman rempah, dan lima jenis toga. Jadi, tidak hanya sekedar penghijauan saja, tetapi ada juga tanaman yang memang bermanfaat untuk kesehatan penghuni rumah dan sekitarnya,” ucap perempuan yang hobi membuat kue ini.

Sementara itu Lurah Mekarjaya Zaenal Arifin, menuturkan, walaupun dengan keterbatasan dalam masa pandemi ini, masih bisa mengikuti rangkaian 5 Lomba HKG PKK Tk Propinsi. “Alhamdulilah Kota Depok, Kecamatan Sukmajaya khususnya TP PKK Kel. Mekarjaya telah berhasil meraihnya.

“Juara 2 Tertib Administrasi (Sekertaris), Juara 2 UP2K ( Pokja 2), Juara 3 Hatinya PKK ( Pokja 3), Juara 3 Iva Test (Pokja 4) dan Juara Harapan I PAAR (Pokja 1),” ujar Zaenal.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bpk/Ibu Pjs Walikota Depok, Bpk/Ibu Camat,PKK Kota Depok, PKK Kec.Sukmajaya, UPTD Puskesmas Sukmajaya, 3 Pilar, LPM, Pokja Sehat, Katar Kel, Bpk/Ibu Ketua RW , Ketua PKK RW, Kader2 RW RT se kelurahan Mekarjaya, wa bil khusus TP PKK Kelurahan dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung lomba ini.
“Semoga apa yang telah dicapai ini menjadi acuan kita ke depannya agar bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Tetap semangat dan terus berkarya, jangan lupa 3M ( Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). (adi).