RW 09 RJB Tanam Pohon Alpukat Membuat Lubang Biopori

rakyatwaspada.id, Pancoran Mas – Gerakan pembuatan 100.000 lubang biopori yang dicanangkan oleh Walikota dan Wakil Walikota Depok, kini mulai dilaksanakan di tingkat wilayah, tak terkecuali Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas. Masing-masing Rukun Tetangga (RT) di kelurahan ini ditargetkan membuat lubang biopori sebanyak 20 titik.

Lurah Rangkapan Jaya Baru, Zayadi mengatakan, sebagai langkah awal pihaknya membuat 20 lubang biopori di RT 08 RW 09. Gerakan ini dilakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan.

“Nanti serentak di 102 RT dari 15 RW akan membuat lubang biopori masing-masing 20 titik,” kata Jayadi, senin, kemarin (30/03/21).

Di tempat yang sama Ketua RW 9 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Bayu Mintarga Menuturkan, guna terwujudnya gerakan ini, telah mengimbau seluruh Ketua lingkungan untuk bersama-sama membangun lubang biopori Sebab, pembuatan lubang biopori memiliki berbagai manfaat.

“Selain sebagai tempat menyimpan cadangan air tanah, lubang biopori juga berfungsi mengatasi sampah organik dari sisa makanan,” ujar Bayu.

Selain itu, kata Bayu, juga mengajak masyarakat RW 9 Kelurahan RJB mengalakan kegiatan penghijauan. Salah satunya dengan menanam tanaman produktif, seperti sayuran dan buah-buahan.

“Selain membuat lubang biopori, kami tanam bibit pohon alpukat, dari pohon-pohon produktif ini dapat dinikmati oleh semua masyarakat,” pungkasnya. (adi).