Nila Karyani, Terpilih Ketua MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok

rakyatwaspada.id, Depok – Nila Karyani terpilih dan ditetapkan sebagai Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok, menggantikan Zainuddin, SS., M.Pd. Meskipun pertemuan dilakukan secara virtual, namun proses pergantian pengurus MGMP berjalan dengan lancar dan efektif. Mulai dari tahap pemilihan hingga tahap pelantikan.

Pemilihan pengurus MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok berlangsung meriah, aman dan kondusif. Nila Karyati yang sebelumnya sebagai anggota dan pengurus terpilih sebagai Ketua MGMP bahasa sunda periode 2021-2023.

Kesepakatan forum memilih dan menetapkan satu orang kandidat saja. Sehingga berdasarkan hasil suara terbanyak, jabatan Ketua MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok kali ini dipercayakan kepada Nila Karyani, guru Bahasa Sunda SMPN 3 Depok. Pada proses pemilihan di lakukan secara Virtual.

Pemilihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok pada hari Senin, 15 Februari 2021, sekaligus acara pertemuan dalam bulannnya.

Ketua MGMP bahasa sunda terpilih, Nila Karyani mengucapakan, terima kasih kepada semua lapisan guru-guru SMP/Mts Kota Depok, yang telah memberikan kepercayaan untuk melanjutkan tugas MGMP dari bpk Zainuddin yang sudah menjabat.

“Ini adalah anugerah yang luar biasa, amanah yang sangat berat kalau saya jalani sendiri mudah mudahan dengan berkolaborasi dengan stakeholder, sehingga tugas ini menjadi ringan apabila dipikul bersama sama,” kata Nila kepada media rakyatwaspada.id, Selasa (14/2/2021).

Dia menambahkan, kedepan, dia akan akan fokus terhadap penyusunan program sembari menunggu program dari pengurus.

“Yang pasti saya akan melakukan yang terbaik. Insyaa Allah, saya akan meneruskan perjuangan untuk mempertahankan dan semoga bisa membawa MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok ke tahap yang lebih baik lagi,” beber Nila.
“Tapi saya tidak bisa melangkah dengan kokoh tanpa niat dan kekuatan yang sama dari rekan semua dalam menjalankan tugas kita sebagai pelestari budaya daerah dan saya perlu dukungan dari semua,” ujarnya.

Nila menjelaskan, Pergantian pengurus dalam organisasi merupakan suatu dinamika yang tidak bisa dihindari, bahkan sepertinya harus dilakukan sebagai sebuah proses menuju perbaikan dan peningkatan program. Dengan adanya pergantian dan reorganisasi tentunya diharapkan efektifitas kegiatan dapat dipertahankan serta ditingkatkan.

“Saya tidak pernah merencanakan menjadi apa, tapi saya selalu merencanakan apa yang harus saya kerjakan supaya menghasilkan hal positif bagi orang-orang di sekitar saya,” papar Nila, yang belum lama ini menerbitkan buku kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul “Gantina”.

Lalu kata Nila, ketika beberapa amanah dipercayakan kepadanya itu bukan karena dirinya, apalagi Kota Depok berada di wilayah tapal batas yang penduduknya multibudaya.
“Insyaa Allah, saya akan berusaha sesuai kemampuan melestarikan budaya daerah (Sunda khususnya), ucap Nila yang pernah mendapat anugerah penghargaan “Hardjapamekas” tahun 2012.

Sementara itu Zainuddin Ketua MGMP 2019-2021, merangkap sebagai Ketua Panitia Pemilihan mengatakan, pemilihan ketua MGMP bahasa Sunda Kota Depok periode 2021-2023 diikuti partisipasi pemilih mencapai 90 persen dari acara pertemuan setiap bulannya, dan yang hadir secara virtual ini untuk memilih suara.

“Alhamdulillah pemilihan ketua MGMP berjalan dengan aman dan lancar, dari jumlah yang di sebar, pemilih hadir 90 persen dari suara,” kata Zainuddin .

Zainuddin berharap kepada Nila Karyani ketua MGMP terpilih untuk tetap bersinergi dengan guru-guru bahasa Sunda baik yang negeri maupun swasta, paling tidak merata, ekonomi sosial dan budaya yang perlu di tingkatkan kembali.

“Sesuai dengan pesan selanjutnya mari kita dukung karena ini adalah kemenangan bersama,” tuturnya. (adi).