Curah Hujan Di Depok Cukup Tinggi Beberapa Wilayah Tebing Kali Longsor

rakyatwaspada.id, Depok – Minggu-minggu ini curah hujan turun cukup tinggi, akibat hujan deras, Insiden tanah longsor terjadi tiga kali di Kota Depok, dalam kurun tiga hari terakhir. Seluruhnya terjadi di area permukiman.

Pada Minggu (7/2/2021), insiden longsor terjadi di kompleks Permata Puri Cimanggis, tepatnya di tepi jalan yang berbatasan langsung dengan dinding parit.

“Saluran airnya tertutup longsor karena pohon di atas tanahnya tumbang. Menutupi 80 persen saluran air sehingga terjadi penyumbatan,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, R Gandara Budiana.

Lalu, pada Senin (8/2/2021), Gandara menyebutkan longsor terjadi di Perumahan Gema Pesona, Sukmajaya.

Kali ini, longsor merobohkan dinding pembatas antara perumahan yang berbeda ketinggian.

Kemudian kemarin, Selasa (9/2/2021), insiden tanah longsor terjadi di belakang rumah kontrakan di Perumahan Tirta Mandala, Cilodong, yang berbatasan langsung dengan aliran sungai.

Turap beton dinding sungai ambruk.
“Kejadiannya jam 01.20 dini hari. Tidak ada korban jiwa tapi menyebabkan kerusakan 1 sepeda motor dan 1 mobil karena tertimpa (longsor),” jelasnya.

“Longsor yang terjadi menutupi saluran air dan membuat air meluap di dalam kompleks,” imbuhnya

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok langsung melakukan penanganan bencana longsor. (adi)