Buaya Besar Ditemukan Warga Perumahan BCB RW 24 Sukmajaya

rakyatwaspada.id, Sukmajaya Depok – Sudah hampir sekian tahun buaya tidak pernah muncul di Depok, kini seekor buaya ditemukan warga Perumahan Bukit Cengkeh Berbunga RT 006/ RW 024, Kelurahan Sukmajaya, Depok, pada Minggu (4/4/2021) pagi, di saluran air.

Ketua RT setempat, Axel, langsung berkoordinasi dengan pihak RW, dan diminta menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok untuk mengevakuasi buaya ini.

“Jadi kita awasi dulu buaya itu, takutnya kabur ke Kali Ciliwung. Di bawah saluran air itu kan Kali Ciliwung ya,” kata Axel

Petugas pemadam kebakaran datang sekira tiga puluh menit kemudian. Namun, ketika didekati, buaya tersebut tak bergerak sedikit pun. Reptil itu rupanya sudah mati.

“Tapi matinya kayaknya belum lama, baru semalam mungkin matinya,” ujar Axel.

Buaya itu akhirnya dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran. Apakah buaya tersebut liar atau peliharaan akan diteliti kemudian.

Temuan buaya ini membuat warga setempat merasa khawatir. Sebab, dua puluh tahun silam, buaya juga pernah muncul di perumahan ini.

“Jadi lebih was-was, karena di samping rumah saya juga ada kolam renang warga. Di samping kolam renang langsung kali, ngerinya naik buayanya ke kolam renang. Makanya kita lagi nunggu konfirmasi dari BKSDA takutnya ini buaya liar, pasti ada sarangnya kan,” ungkap Axel.

“Sekitar mungkin 20 tahun lalu pernah ada juga buaya. Ini juga kaget kok muncul lagi. Apalagi kan Ciliwung arusnya deras dan ada limbah pabrik, tapi kok ada buaya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Kota Depok, Denny Rumolo Hutauruk mengatakan pihaknya mengetahui informasi penangkapan Buaya di wilayah Sukmajaya.

Pada saat itu Damkar langsung menerjunkan tim untuk mengecek langsung ke lokasi dan melakukan penelusuran di lapangan.

“Setelah kita melakukan crasing di lapangan hasilnya ternyata benar ada warga menemukan buaya,” katanya.

Warga kata Denny juga telah menyerahkan buaya tersebut untuk merawat sementara sebelum diserahkan kepada pihak terkait.

“Kami minta warga tidak panik dengan penemuan buaya, jika ada hal serupa tinggal mengontak pihak kami, petugas kami akan segera membantunya,” pungkas Denny. (adi).